Selasa, 02 Februari 2010

KHOTBAH DI PASAR

Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. Dengan segala perbuatan itu allah akan memberikan kebaikan bagi yg terbaik amalannya dan akan menambahkan karunianya, allah memberikan rizqi kepada orang2 yang dkehendakinya dan tanpa ada batasnya.

Hadirin sidang jum’at yg dimulyakan allah

Dijelaskan dalam surat annur ini bahwa kesibukkan bisnis, bekerja, berdagang dan aktifitas usaha lainnya janganlah sampai melupakan dan melalaikan kita dari dzikrullah, melalaikan kita dari menegakkan solat dan menunaikan zakat, dan disebutkan selanjutnya bahwa allah akan melimpahkan kebaikan bagi yg terbaik perbuatannya, dan menambahkan karunianya kepadanya, allah memberikan rizqi kepada orang2 yang dkehendakinya dan tidak akan membatas2i.

Dzikrullah dalam pemahaman kita adalah berdzikir kepada allah, dan sebaik2 dzikir adalah kalimat tauhid laa ilaaha illallah. Tiada tuhan selain allah atau tiada ilah selain allah, pemahamannya bahwa allah berkehendak memuliakan dan membebaskan manusia dari segala keyakinan semu berbentuk kehormatan, kepentingan, harta dan kedudukan yg meruntuhkan martabat diri sebagai mahluk yg paling mulia. Dan menetapkan semua amal perbuatan harus berlandaskan karena allah semata,

Kalimat tauhid ini adalah kalimat aktif, yang mendorong manusia menyatukan tujuannya bahwa hidup ini hanya untuk allah semata yg berdampak berbuat baik dalam segala aktifitas dan mengajak semua manusia untuk beribadah karena allah semata.

Kalimat tauhid yg sering kita baca dalam setiap tahlilan ini adalah proklamasi kemerdekaan martabat kemanusiaan yg nilainya jauh melampaui makna kemerdekaan negara2 modern sekarang ini, jauh melampaui deklarasi2 dan hak asasi manusia. Dengan seluruh penghayatan dan pengamalan kita maka ucapan laa ilaaha illallah akan memberikan daya getaran energi pada jiwa setiap manusia hingga tidak akan ada yg mampu menguasai dan mendominasi pikiran, hati dan perbuatan kita. Kecuali hanya karena allah semata.

Hadirin sidang jum’at yg dimulyakan allah

Kalimat tauhid ini juga menjadi kalimat syahadat, suatu kalimat prasyarat ketika masuk islam, ikrar kalimat ini sering kita baca dalam sholat lima waktu yakni disaat tahiyat awal dan tahiyat akhir, ucapan asyhadu an laa ilaaha illah, yakni aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah yg diucapkan penuh penghayatan akan menjadi doktrin yg maha dahsyat yg akan menghidupkan qolbu setiap jiwa, ia adalah energi raksasa yg tercipta dari hukum kekekalan energi.

Apabila seseorang melaksanakan sholat lima waktu, dalam satu hari dia membaca sebanyak 9 kali, dan sebulan dia membaca sebanyak 270 kali dan setahun sebanyak 3.240 kali, dan jika ini dibaca sumur hidupnya berapa energi yg banyak yg ditimbulkannya. Apalagi jika dzikrullah ini diucapkan setiap saat… subhanallah.

dalam sebuah hadits qudsi, Allah menyatakan ‘wahai anak Adam, luangkanlah waktu untuk beribadah kepada_Ku, niscaya Aku penuhi hatimu dengan kekayaan, dan Aku lapangkan tanganmu dari kesibukan, jika tidak, maka akan Aku penuhi hatimu dengan kefakiran, dan Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan’




Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertaqwa. (QS. Thaha:132)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar